jump to navigation

Fungsi Olie mesin pada sepeda motor ,, faktor Penyebab Konsumsi olie mesin boros pada sepeda motor.. 25 November 2015

Posted by Pakdhe Atim in Info otomotif, Info Otomotif ringan, info ringan, Info Teknik.
Tags: , ,
trackback

 

PicsArt_11-24-09.55.45

Sedulur Bikers dimanapun berada , Olie mesin berperan sangat vital dalam proses kerja mesin kendaraan bermotor . Fungsi utama dari Olie mesin ato minyak pelumas adalah melapisi permukaan komponen parst yang saling bergesekan sehingga tidak menimbulkan panas yang berlebihan sehingga berakibat kerusakan pada parts tersebut ( pendinginan mesin & membentuk lapisan pada permukaan parts yang bergesekan ), selain itu juga berfungsi sebagai perapat dalam pendukung kerja system kompresi serta sebagai pembersih komponen didalam mesin  dan melindungi komponen parts dari korosi /  karatan..

Selain itu juga berfungsi sebagai buffer ato peredam noise didalam mesin.. Tentu Bikers bisa bayangkan sendiri , bagaimana jadinya kalo mesin kendaraan bermotor yang didalamnya banyak komponen yang bekerja saling terkait satu dengan yang lain bekerja tanpa minyak pelumas ato olie mesin..?? 🙂

Setelah mengetahui sekilas gambaran mengenai fungsi pelumasan pada mesin kendaraan , sekarang lanjut ke inti permasalahan.. Kenapa konsumsi Olie mesin pada kendaraan bisa boros yaa..?? Yups , dalam artian penyusutan volume dari olie mesin pada periode tertentu masuk dalam kategori abnormal. Misalnya , jarak tempuh kendaraan baru mencapai sekitar 1.000 km , tetapi saat ganti olie mesin ternyata olie mesin yang tersisa mungkin hanya tinggal separo dari volume olie mesin saat awal penggantian.. Kenapa hal tersebut bisa terjadi..??? Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor..

 

Penyebab dari konsumsi olie mesin menjadi boros diantaranya beberapa faktor dibawah ini ;

1. Adanya keausan pada piston ato ring piston . Keausan disini tidak berarti komponen tersebut harus rusak ato baret. Tetapi Clearance / celah kelonggaran antara piston dan dinding cylinder sudah diluar batas toleransi yang mengakibatkan olie masuk keruang bakar..

2. Ketegangan ring piston sudah tidak optimal ( ring piston lemah ), sehingga ring piston tidak dapat menahan laju olie mesin masuk keruang bakar.. Tetapi dapat juga disebabkan oleh Ring Olie yang macet / lengket karena faktor perawatan dalam penggantian olie mesin yang tidak teratur ato penggantian olie mesin yang terlalu lama periodenya sehingga kwalitas olie mesin menjadi turun ato bahkan fungsi pelumasan sudah hilang .Tambahan sedikit, Ring Piston pertama dan kedua berfungsi mendukung kerja pada system  kompresi , sedangkan Ring piston yang ketiga disebut dengan Ring Olie..

3. Keausan pada Oilseal Valve , hal ini juga dapat menyebabkan olie mesin masuk keruang bakar melalui celah antara batang valve dan seal valve , baik valve pemasukan maupun valve pembuangan . Karena terjadinya kevakuman pada ruang bakar yang menyebabkan olie mesin ikut tersedot masuk keruang bakar..

Ciri ciri yang mudah dikenali bila terjadi keausan pada komponen komponen parts tersebut diatas diantaranya adalah ;

1. Bila keausan terjadi pada komponen Oilseal ataupun Valve , biasanya ditandai dengan keluarnya asap putih tipis pada knalpot saat kondisi mesin masih dingin. Tetapi beberapa saat kemudian asap putih yang keluar dari knalpot akan hilang saat putaran mesin ditambah ato saat konsdisi mesin mulai panas..

2. Bila keausan terjadi pada komponen bagian cylindet ( Cylinder body & Piston set ), maka asap putih yang keluar dari knalpot semakin ditambah putaran mesin nya maka asap yang keluar akan semakin bertambah banyak / pekat..

Bikers mungkin pernah menjumpai saat Riding melihat pemandangan yang tak lazim , motornya sich 4 Tak , tetapi dari knalpotnya keluar terus menerus asap yang berwarna putih seperti motor 2 Tak yang menggunakan Olie samping..???Bagaimana bila tersebut kita biarkan berlarut larut..??

Ya , tentu saja kinerja mesin kendaraan sudah pasti tidak dapat Optimal , karena endapan karbon dari konsumsi olie yang berlebihan tersebut akan menumpuk diruang bakar yang tidak dapat terbakar secara sempurna sehingga mengganggu proses kerja mesin secara maksimal..

Sekian dulu Bikers , semoga bermanfaat..

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar»

1. macantua.com - 25 November 2015

Nah kasus yang terjadi pada NVL masuk kategori penyebab nomor brapa pak de? Kalau ketiga item tadi sudah aus masa iya karena umur pakainya masih muda. Mohon pencerahan pak de

Disukai oleh 1 orang

Pakdhe Atim - 25 November 2015

Kan penyusutan olienya jg dihitung volumenya masbro ,..

Mantab pertanyaanya nich.. 🙂

Suka

macantua.com - 25 November 2015

Ada bbrpa kasus penyusutannya drastis pak de, makanya saya nanya. Soalnya di motor saya dengan umur yang seumur anak smp kelas 3 saja hal ini ga terjadi

http://macantua.com/2015/11/25/mt15-m-slaz-headlamp-kesalahan-yamaha-yang-berulang

Suka

Pakdhe Atim - 26 November 2015

Kalo faktanya bgtu masbro , kunjungi beres terdekat , biar dilakukan pemeriksaan menyeluruh..

Suka

2. Olie mesin terabaikan ,, lihat ini akibatnya..!!! | Atims Corner - 2 Desember 2015

[…] Sedulur Bikers dimanapun berada , ibarat tubuh kita yang sangat membutuhkan cairan , mesin kendaraan bermotor pun juga demikian . Bila kita mengkonsumsi air mineral ato minuman suplement lain nya untuk mencukupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar memiliki Stamina yang prima , maka pada mesin kendaraan bermotor agar mempunyai kinerja serta Performa yang maksimal juga sangat membutuhkan  cairan , yaitu minyak pelumas ato Olie mesin.. […]

Suka

3. RPMspeed - 13 Desember 2015

untuk motor saya tidak ada ciri2 diatas 😀

—————
Kenali Jenis dan Fungsi Alur Ban
http://rpmsuper.com/2015/12/12/jenis-alur-pattern-ban-motor/

Disukai oleh 1 orang

Pakdhe Atim - 13 Desember 2015

Aman kang..??

Sip..

Suka

4. Pakdhe Atim - 13 Desember 2015

Ada yg nunggu Moderasi tu Kang..

🙂

Suka

5. Pasang Protector Radiator pada sepeda motor..??! Monggo perhatikan hal berikut.. | ATIMSCORNER.COM - 29 Desember 2015

[…] Fungsi Olie mesin pada sepeda motor […]

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: