Iklan
jump to navigation

Fungsi Crankshaft Position Sensor pada sepeda motor Injeksi.. 29 November 2015

Posted by Pakdhe Atim in Info otomotif, Info Otomotif ringan, info ringan, Info Teknik.
Tags: , , , , , , ,
trackback

 

Sedulur Bikers dimanapun berada , sepeda motor yang mengadopsi system pemasukan bahan bakar dengan menggunakan system Injeksi bahan bakar , sekarang ini memang sedang menjadi Trend.. Hampir semua produsen sepeda motor ditanah air   melakukan revolusi terhadap semua produknya yang masih menggunakan system pemasukan bahan bakar menggunakan Karburator .

Tiada salahnya sebagai Bikers , mengetahui komponen komponen pendukung kerja pada system Injeksi ini. Setidaknya buat menambah wawasan agar apabila kendaraan kesayangan Bikers mengalami trouble , tidak buru buru panik ato melakukan Justifikasi bahwa motor Injeksi itu sering rewel , tidak tangguh , banyak masalah , biaya perawatan mahal dan lain sebagainya..

Alangkah bijaknya Bikers juga mengetahui komponen apa saja sich pendukung kerja pada sepeda motor yang mengadopsi system Injeksi..?? Sebelumnya Pakdhe telah  bahas sedikit perihal Fungsi Fuelpump ( pompa bahan bakar ), Fungsi Thermosensor ( pendeteksi suhu mesin ) serta fungsi dari Throtle Body , kali ini akan membahas  sedikit tentang fungsi dari Crankshaft Position Sensor ( CPS )..

Bila Bikers perhatikan dari namanya saja mungkin sudah dapat menerka , namanya Crankshaft Posisi Sensor , berarti Sensor ini berfungsi untuk pendeteksi posisi dari Crankshaft. Ya , kurang lebihnya sich seperti itu.. 🙂

Apa yang dideteksi dan bagaimana cara kerjanya ya..??

Secara singkat dapat kami gambarkan , Crankshaft Position Sensor adalah sensor yang berfungsi memberikan sinyal ke Engine Control Unit  untuk mendeteksi posisi sudut crankshaft dan putaran mesin dengan akurat sehingga ECU dapat mengatur durasi Injeksi bahan bakar dan waktu pengapian yang tepat , bersamaan masukan dari sinyal yang terdapat pada Throtle body  dan Thermosensor ..

Crankshaft Position Sensor  terdiri dari dua komponen , yaitu pick up coil ( pulser coil satu bagian dengan stator assy ) , dan pick up rotor ( terdapat pada  magnet ) yang berputar bersamaan dengan putaran crankshaft . Dan ketika gigi ( tonjolan ) pada pick up rotor melewati pick up coil , maka  terjadilah perubahan medan magnet pada sensor tersebut..

Nach , dari perubahan medan magnet inilah yang menimbulkan arus listrik AC ( sinyal ) pada sensor pick up coil tersebut ,  kemudian sinyal tersebut oleh Crankshaft Position Sensor diteruskan ke Engine Control Unit sebagai pusat pengendali ( Otak ) pada system kerja sepeda motor Injeksi , sehingga Engine control unit dapat mengetahui posisi dari crankshaft dan putaran mesin.

Pada sepeda motor Injeksi pada magnet  ( rotornya ) terdapat banyak tonjolan ( gigi pick up rotor ), yang mana pada setiap durasi 30° , maka crankshaft position sensor  akan mengirimkan sinyal ke engine control unit . Oh iya Bikers , pada pick up rotor tersebut ada satu saat terdapat waktu jeda pada durasi 60° ( gigi pick up rotor agak renggang ), dan dari kondisi jeda ini engine control unit dapat mengetahui kecepatan putaran mesin..

Crankshaft position sensor juga berperan besar dalam menentukan berapa banyak volume bahan bakar yang akan disemprotkan oleh Injektor kedalam ruang bakar bersamaan dengan sensor sensor yang terdapat pada Throtle body serta sensor dari pendeteksi suhu mesin ato Thermosensor..

Pada umumnya Engine Control Unit pada sepeda motor Injeksi sudah dirancang secara khusus agar dapat melakukan Diagnosa ( Self Diagnosis ) apabila terjadi kegagalan fungsi pada system kerja Injeksi.. Bagimana tanda tandanya..??  Tandanya adalah Lampu Indikator yang terdapat pada speedometer akan berkedip kedip , bahkan bisa juga  menyala terus menerus…

 

Sekian dulu Bikers , semoga bermanfaat..

 

 

 

 

 

Iklan

Komentar»

1. herwanthony - 8 Oktober 2017

motor saya injektornya bekerja baik namun tidak mau menyala mesinnya

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: