jump to navigation

Haruskah Olie Front Forx diganti..??? Jawabnya Yes…!!! Berikut Tips mengganti Olie Front Forx pada motor… 30 Oktober 2015

Posted by Pakdhe Atim in Info otomotif, Info Otomotif ringan, info ringan, Info Teknik.
Tags: , , ,
trackback

PicsArt_10-30-08.57.22

Sedulur Bikers dimanapun berada , seperti halnya Olie mesin yang harus dilakukan penggantian secara berkala setiap jarak tempuh 2000 – 3000 km , maka Olie Shock depan juga harus dilakukan penggantian secara berkala pula . Periode jarak tempuhnya sekitar 12.000 km..

Untuk apa sich tujuannya…??? Tentu saja agar Performa dan Stabilitas daya peredaman shock depan tetap Prima alias maksimal. Karena dalam periode jarak tempuh tersebut kwalitas dari Olie Front Forx juga mengalami penurunan.

Efek yang ditimbulkan adalah Shock depan menjadi terlalu lentur ( membal2 ) , sehingga kestabilan motor saat dikendarai juga kurang nyaman. Bagi sedulur Bikers pengguna motor Bebek ataupun motor Matic yang memiliki Hobby otak atik motor kesayangannya  , berikut kami berikan Tips proses penggantian Olie Fron Forx :

1. Lepaskan roda depan berikut Master Caliper ( kepala babi ) , namun jangan lupa bagian bawah motor kasih penopang agar motor tidak terjungkal.. Kemudian lepaskan 2 baut pengikat As Shock yg tetdapat pada segitga Forx , lalu tarik kebawah..

PicsArt_10-29-07.35.37

Beberapa type motor ada yang menggunakan penutup As Shock model Drat Ulir , kepala tutup As Shock  Hexagon , gunakan Kunci L untuk membukanya. Kalo ini proses pada motor yang menggunakan penutup model Clip pada tutup As shocknya .

2. Tekan kebawah penutup As shock lalu keluarkan Clip penahannya

PicsArt_10-29-07.39.51

Langkah berikutnya keluarkan Spring / per Shock dan tuang Olie yang ada didalam tabung shock , kocok2 dan bilas menggunakan sedikit bensin , kocok lagi agar sisa olie bersih . Taruh dengan posisi terbalik agar sisa Olie didalam tabung shock benar2 terkuras habis….  Lakukan proses yang sama pada Front Forx yang satu lagi..

PicsArt_10-29-07.41.49

3.  Selanjutnya proses pemasangan , Tuang Olie Front Forx yang baru ke dalam As Shock , pastikan volumenya sesuai dengan yang tertera pada Label . Tetapi dapat juga disesuaikan dengan selera Bikers . Bila ingin sedikit keras , tambahkan volume olie Shocknya , begitu juga sebaliknya..Pastikan saat memasukkan Spring / per jangan sampe terbalik yaa..?!! Alur spring yang renggang posisi dibawah..

PicsArt_10-29-07.36.53

Lakukan proses kerja diatas  secara terbalik ( no 2 > no 1 ) ,  kemudian pasang kembali Front Forx seperti semula . Proses ganti Olie Shock dah selesai dan motor siap tuk diajak jalan2 dech…

Selamat mencoba Bikers…

Semoga bermanfaat…


Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar