jump to navigation

Komponen ini pendukung kenyamanan saat Riding lhoo.. 13 November 2015

Posted by Pakdhe Atim in Info otomotif, Info Otomotif ringan, info ringan, Info Teknik.
Tags: , ,
trackback

PicsArt_11-13-11.11.20

Sedulur Bikers dimanapun berada , mungkin Bikers pernah merasakan kurang nyaman pada stang kemudi saat Riding ?? Nach , komponen ini bisa menjadi penyebabnya.. Biasa disebut dengan nama Komstir ( Raceball Steering ).. Komponen ini sangat vital dalam mendukung keamanan dan kenyamanan saat berkendara…

Gejala yang terasa umumnya adalah motor serasa meliuk liuk seperti ban kurang tekanan angin.. Padahal kondisi putaran roda dan tekanan ban saat diperiksa hasilnya OK.. Dan bisa juga stang kemudi terasa oblak saat melintasi jalanan yang tidak rata..

PicsArt_11-13-11.14.07

Nach , Bikers harus melakukan pemeriksaan terhadap komponen ini bila motor kesayangan sudah mengalami gejala seperti diatas.. Lakukan penyetelan kelonggaran atau kekencangan terhadap komstir.. Jika komstir sudah distel dan ternyata hasilnya masih bermasalah juga (  distel sedikit  longgar stang kemudi terasa Oblak ,  sebaliknya bila distel sedikit kencang  stang kemudi terasa berat ), maka sebaiknya dilakukan penggantian..

Jangka waktu penggantian dan tingkat keausan dari Komstir juga bervariatif karena  kondisi jalanan yang dilalui juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kerusakan Parts tersebut..

Karena komponen pada Komstir memiliki proses kerja yang saling berkaitan maka sebaiknya bila melakukan penggantian harus 1 set (  mangkuk komstir & bearing raceball ) agar hasilnya maksimal…

Semoga bermanfaat…

Komentar»

1. KainLaps™ - 14 Maret 2017

Betul mas, saya baru ganti komstir setelah 6 thn pemakaian. Saya ganti pakai tapper bearing atu bahasa gaulnya lahar bambu.

Suka


Tinggalkan komentar