jump to navigation

Brake Fluid / Minyak Rem kok menggumpal.., wah kasus unik nich..?!! 14 Desember 2015

Posted by Pakdhe Atim in Info otomotif, Info Otomotif ringan, info ringan, Info Teknik.
Tags: , , , , ,
trackback

 

PicsArt_12-13-08.26.09

Sedulur Bikers dimanapun berada , kemaren Pakdhe menemukan kasus unik pada system pengereman Disk Brake sepeda motor . Kasus tersebut termasuk dalam kategori unik . Karena selama berkecimpung dibidang perbengkelan baru kali ini menemukan kasus langka tersebut . Seperti apa sich kasusnya..??? Cairan minyak rem / Brake Fluid menggumpal sepert Greese..

PicsArt_12-13-08.27.17

Sebenernya kalo dari sisi Fenomena Pakdhe pernah bahas sebelumnya ( disini ) , silahkan di intip ya…!!! Biar ga terlalu panjang pembahasan nya..  Nach , uniknya adalah minyak rem yang terdapat pada Master Cylinder ( mangkuk minyak rem ) ternyata berubah bentuk nya . Maksud Pakdhe , namanya minyak rem sudah barang tentu berupa cairan , tetapi ini menggumpal seperti Greese ato gemuk .

PicsArt_12-13-08.28.14

Karakteristik dari Brake Fluid adalah mudah merusak cat ato komponen dari Plastik biLa bersinggungan langsung serta mudah menjadi air ( High-Higroscopicy ).
Kenapa kok bisa berubah seperti itu yaa..?? Nach pertanyaan ini harus dijawab secara Ilmiah nich..  🙂  Sedangkan Pakdhe sendiri tidak memiliki keahlian dibidang tersebut . Namun sedikit belajar menganalisa saja , hal tersebut kemungkinan diakibatkan oleh terjadinya Vapor Lock / timbulnya gelembung udara pada system pengereman , akibat panas yang berlebihan dari gesekan antara Piringan Cakram dan Disk Pad / kampas rem.
Nach , karena panas yang berlebihan tersebut maka terjadilah penguapan minyak rem , setelah kondisi dingin maka uap tersebut berubah menjadi air . Karena proses Vapor-Lock tersebut berlangsung dalam waktu yang sangat lama , maka suhu titik didih minyak rem menjadi rendah terus bercampur dengan air dari penguapan yang terjadi maka lama lama cairan minyak rem menggumpal seperti Greese..

Sekedar mengingatkan pada Sedulur Bikers , sebelum kejadian tersebut menimpa pada kendaraan kesayangan Bikers , idealnya selalu lakukan pemeriksaan secara berkala kondisi minyak rem nya dan lakukan penggantian Brake Fluid bilamana dianggap perlu..
Semoga bermanfaat ..

Komentar»

1. irulmaleo - 14 Desember 2015

Wah infonya bermanfaat, jadi gak perlu repot ke bengkel bang. tinggal buka blog ini aja hehehe

Disukai oleh 1 orang

Pakdhe Atim - 14 Desember 2015

Semoga manfaat bro Irulmaleo

Suka

2. Ngurah Manik - 14 Desember 2015
Pakdhe Atim - 14 Desember 2015

Sama sama bro Ngurah Manik..

Suka


Tinggalkan komentar